Monitoring Jaringan dengan EtherApe pada Ubuntu, Bagaimana Caranya?

(Tools EtherApe)

      Hari pertama masuk pada mata kuliah Jaringan Komputer dan Komunikasi, saya diajarkan beberapa tools pada Terminal yang dapat digunakan untuk menjalankan perintah tertentu oleh dosen. Tentu disini kita menggunakan sistem operasi Ubuntu, dan dari banyak tools yang diberikan, satu tools yang menarik perhatian saya bernama EtherApe. Tools ini berfungsi untuk memonitoring jaringan dengan tampilan grafis, dilengkapi dengan kemampuan menghasilkan grafik dari lapisan jaringan yang kita pantau, dapat menampilkan mode IP dan TCP, serta menampilkan kegiatan netwok (jaringan) secara grafis. Selain itu, kita juga dapat memfilter traffic apa saja yang ingin ditampilkan secara grafis.

      Lalu bagaimana cara mengoperasikan fitur ini? Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menginstall EtherApe dan jika belum, installah terlebih dahulu yaitu dengan cara mengetikkan,

#sudo apt-get install etherape

Setelah sukses terinstall, jalankan dengan mengetikkan,

#sudo etherape

dan akan muncul window baru yang memperlihatkan halaman utama dari menu tools EtherApe yang bisa kita utak-atik untuk memonitoring jaringan yang diinginkan.


Halaman Utama Tools EtherApe

Referensi:

Arif Suidiantara, Ketut. 2016, "Wireshark dan EtherApe", diakses pada 11 Februari 2019, tautan <http://arifsuidiantara.blogspot.com/2016/10/tugas-3-manajemen-jaringan-dan-server.html>.

Komentar