Pengertian Jaringan Komputer dan Apa Saja Perannya Bagi Kehidupan Kita

     
(Ilustrasi Jaringan Komputer)

       Mungkin dari kalian sudah tidak asing lagi jika mendengar istilah Jaringan Komputer dan Komunikasi. Istilah tersebut sudah seringkali kita dengar mengingat saat ini kita hidup dalam era teknologi yang hampir semua kegiatan sehari-hari telah melibatkan komputer dan internet baik dalam membantu pekerjaan, menyebarkan informasi, mencari hiburan, dan lain sebagainya. Saat pertama kali saya mendengar istilah tersebut, hal pertama yang terlintas dalam benak saya adalah sebuah komputer yang terhubung dengan komputer lainnya dan dapat melakukan komunikasi antar sesama. Menurut salah satu sumber yang saya baca, jaringan komputer dapat diartikan sebagai sebuah sistem yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung dan terintegrasi satu sama lain melalui media transmisi atau komunikasi sehingga memungkinkan untuk berbagi data dengan tepat dan akurat. Terdapat beberapa syarat agar suatu sistem dapat didefinisikan sebagai jaringan komputer antara lain:
- Terdiri dari 2 entitas atau lebih
- Dapat melakukan pertukaran data (komunikasi)
- Terdapat pengguna (user)
- Terdapat media

      Lalu apa saja peran dari jaringan komputer bagi kehidupan manusia? Berikut adalah beberapa manfaat dari jaringan komputer,
1. Pengamanan Data
       Salah satu peranan jaringan komputer adalah untuk menjaga kemaamanan dan memberikan perlindungan terhadap data pengguna (user) agar resiko kehilangan data saat didistribusikan dapat diminimalisir.
2. Mempercepat Transfer Data
    Berbagi data dengan menggunakan jaringan komputer akan lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan media lainnya, jadi pengguna akan sangat terbantu dalam hal efisiensi waktu.
3. Pembagian Sumber Daya yang Maksimal
    Dengan jaringan komputer, sebuah alat dapat digunakan oleh beberapa pengguna sebagai contoh printer pada ruang kantor yang dulu hanya dapat digunakan pada 1 komputer saja, saat ini sudah dapat digunakan oleh banyak komputer karena telah terhubung dengan sistem jaringan.
4. Sarana Komunikasi
    Kita dapat memanfaatkan jaringan komputer untuk sarana komunikasi contohnya saat akan memberikan sebuah pengumuman pada banyak pengguna, kita tidak perlu lagi mengumpulkan seluruh orang untuk memberikan pengumuman secara langsung mapupun menempel kertas di papan pengumuman, cukup hanya menggunakan media yang telah ada, pengumuman akan tersampaikan dengan cepat dan akurat.
5. Realibilitas yang Tinggi
     Realibilitas tinggi yang dimaksud adalah pengguna dimungkinkan untuk dapat meng-copy data ke lebih dari satu komputer bahkan sampai tak tehingga jumlahnya. Dengan demikian, apabila satu komputer mengalami kerusakan dan kehilangan data, kita tak usah khawatir karena data tersebut sebelumnya sudah di back-up dan tersimpan pada komputer lainnya

   Jadi, itulah sedikit pengertian jaringan komputer dan beberapa perannya bagi kehidupan manusia. Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah wawasan kita mengenai Jaringan Komputer dan Komunikasi.

          
Referensi:
Fiqram, Muhammad. 2017, "Apakah Fungsi Jaringan Komputer?", diakses pada 08 Februari 2019, tautan <https://www.dictio.id/t/apakah-fungsi-jaringan-komputer/13769>.

Rifzan. 2019, "Mengenal Pengertian dan Fungsi Jaringan Komputer", diakses pada 10 Februari 2019, tautan <https://www.robicomp.com/mengenal-pengertian-dan-fungsi-jaringan-komputer.html>.

Komentar