Network Layer

                         NAMA        : I Putu Gede Oka Mahendra
                         NIM            : 1805551140
                         MATA KULIAH  : JARINGAN KOMPUTER DAN KOMUNIKASI (F)


TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS UDAYANA
DOSEN PENGAJAR
I PUTU AGUS EKA PRATAMA S.T., M.T

  1. Ifconfig & ip -br a
        Ifconfig merupakan sebuah perintah yang tersedia pada sistem operasi Linux. Fungsi dari perintah ifconfig ini berkaitan dengan pengalamatan pada jaringan komputer, terutama pada Network Layer yaitu dengan menggunakan IP Address. Beberapa fungsi dari Ifconfig adalah sebagai berikut.
  • Untuk pengesetan IP Address secara manual pada komputer dan jaringan komputer anda,
  • Untuk pengesetan alamat Subnet Mask pada komputer dan jaringan komputer anda,
  • Untuk pengesetan alamat broadcast pada komputer dan jaringan komputer anda,
  • Untuk mengecek alamat jaringan (MAC Address dan IP Address) secara bersamaan pada setiap perangkat keras kartu jaringan anda.
      Lalu bagaimana cara mengoperasikan fitur ini? Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menginstall ifconfig dan jika belum, installah terlebih dahulu yaitu dengan cara mengetikkan,

sudo apt-get install net-tools

setelah sukses terinstall, lalu jalankan dengan mengetikan,

ifconfig

dan akan muncul output seperti gambar dibawah ini.

       Syntax ifconfig digunakan untuk komputer yang masih menggunakan IPv4 namun, jika terjadi error (command not found) dalam menjalankan syntax ifconfig tersebut, bisa jadi perangkat anda telah menggunakan IPv6. Caranya adalah dengan mengetikkan perintah untuk IPv6 yaitu ip -br a pada Terminal Linux anda.

Ketikkan perintah dibawah ini.
ip -br a

lalu akan muncul output seperti gambar dibawah ini.


2. Ping
       Ping atau (Packet Internet Gopher) merupakan sebuah perintah untuk mengetahui berapakah paket data yang digunakan dalam mengakses suatu situs internet dan mengetahui IP yang akan kita terima dari pengecekan tersebut. Biasanya penggunaan paket data ini dituliskan dalam satuan bytes. Untuk menggunakan perintah ping adalah sebagai berikut.

Ketikkan ping dan alamat situs yang akan di cek pada Terminal Linux.


ping (alamat situs yang akan di-ping)

Lalu akan mengeluarkan output seperti gambar dibawah ini.

    Pada gambar di atas saya mencoba untuk menge-ping ke situs www.facebook.com. Paket data yang saya gunakan dalam mengakses situs tersebut yaitu sebesar 64 bytes dengan IP yang diberikan oleh facebook terhadap perangkat saya yaitu 157.240.7.35. Lalu pada bagian kanan terdapat icmp (Internet Control Message Protocol) yang berfungsi untuk meberitaukan kita bahwa perangkat kita dapat terhubung dengan situs tersebut yang ditampilkan dari angka 1 dan seterusnya. Sedangkan time tersebut menunjukaan kecepatan akses kita terhadap situs tersebut, semakin kecil angka yang ditampilkan maka artinya semakin cepat pula koneksi internet kita.


3. Dig

     Dig atau Domain Information Groper merupakan perintah yang digunakan untuk pengecekan permasalahan (troubleshooting) yang terjadi pada DNS. Dengan menggunakan perintah Dig tersebut, maka dimungkinkan untuk mengecek record domain nama server (DNS). Untuk menggunakan perintah ini hampir sama dengan menggunakan perintah ping yaitu dengan mengetikkan syntax dibawah ini pada Terminal Linux anda.

dig (alamat situs yang akan di-dig)

Lalu akan memberikan output seperti gambar dibawah ini.

       Pada gambar diatas dapat dilihat perintah tersebut digunakan untuk meminta A record dari domain www.facebook.com . Perintah tersebut akan membaca konfigurasi anam server pada Linux anda kemudian melakukan kueri melalui DNS di file tersebut untuk mengecek A record dari domain www.facebook.com. Hal yang dapat kita lihat dalam pengecekan dig adalah sebagai berikut.

;; QUESTION SECTION
;www.facebook.com.     IN      A

Artinya dig menanyakan A record pada www.facebook.com lalu melakukan pengecekkan, kemudia akan hasilnya akan dijawab seperti diabwah ini.

;; ANSWER QUESTION
star-mini.c10r.facebook.com.   69   IN      A      157.240.24.35
Setelah dilakukan pengecekkan tersebut, lalu akan mendapatkan hasil bahwa A record menghasilkan 157.240.24.35 dari situs www.facebook.com


 

Komentar