Network Layer (Part 2) PING & Traceroute

                         NAMA               : I Putu Gede Oka Mahendra
                         NIM                   : 1805551140
                         MATA KULIAH  : JARINGAN KOMPUTER DAN KOMUNIKASI (F)


TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS UDAYANA
DOSEN PENGAJAR
I PUTU AGUS EKA PRATAMA S.T., M.T

PING (Packet Internet Gopher) 

     PING adalah sebuah tool yg digunakan untuk mengecek konektivitas antar satu komputer dengan lainnya, Hal ini dilakukan dengan mengirim sebuah pesan Internet Control Message Protocol (ICMP) kepada IP Address yang hendak diujicoba konektivitasnya dan menunggu respon darinya.

Fungsi PING

Kegunaan PING antara lain adalah sebagai berikut.

1. Mengetahui status up/down komputer dalam jaringan.

         Kita dapat mengecek apakah sebuah komputer up/down menggunakan perintah PING, jika komputer tersebut memberikan response terhadap perintah PING yang kita berikan maka dikatakan bahwa komputer tersebut up atau hidup.

2. Memonitor availability status komputer dalam jaringan. 

      PING dapat digunakan sebagai tool monitoring availibilitas komputer dalam jaringan yang merupakan salah satu indikator kualitas jaringan yaitu dengan melakukan PING secara periodik pada komputer yang dituju. Semakin kecil downtime, semakin bagus kualitas jaringan tersebut.

3. Mengetahui responsifitas komunikasi sebuah jaringan.

      Besarnya nilai delay atau latency yang dilaporkan oleh PING menjadi indikasi seberapa responsif komunikasi terjadi dengan komputer yang dituju. Semakin besar nilai delay menunjukkan semakin lamban respons yang diberikan. Sehingga nilai delay ini juga bisa digunakan sebagai indikator kualitas jaringan.

Contoh Penggunaan Perintah PING

      Sebagai contoh adalah saya akan menge-PING ke situs Youtube dan PING dikatan lancar apabila sudah mendapatkan balasan. Hasilnya akan menampilan output seperti dibawah ini.
 
 
       Pada kasus diatas, situs Youtube memberikan balasan (umpan balik) terhadap kita untuk memastikan bahwa kedua perangkat telah terhubung / terkoneksi. Dari yang paling kiri adalah
  • 64 bytes adalah jumlah paket data yang dikirimkan pada tujuan. 
  • Lalu 172.217.160.46 adalah IP Address yang diberikan Youtube terhadap kita.
  • Setelah itu ada icmp_seq=1 hingga seterusnya merupakan nomor urut paket data yang dikirimkan. Jika nomornya berurutan dari 1 hingga seterusnya, itu artinya setiap paket ICMP terkirim dengan baik dan lancar, dan sebaliknya apabila nomornya tidak berurutan itu artinya ada paket yang hilang atau paket yang tidak direspon dengan baik
  • Lalu terdapat TTL (Time to Live) yaitu jumlah waktu yg diberikan disatu kali pengiriman paket data itu bisa hidup (bertahan), jika lewat dari 53 s maka paket data tersebut dianggap mati dalam artinya Request Time Out.
  • Dan yang terakhir terdapat Time. Setiap PING nilainya pasti berubah-ubah, TIme adalah waktu yang digunakan paket data dikirim lalu di umpan balik, semakin besar PING ms-nya maka artinya kecepatan koneksi internet kita semakin lambat, namun semakin rendah PING ms-nya artinya semakin baik koneksi internet yang kita miliki
  • Namun pada kasus diatas juga terdapat reply ping: Network is Unreachable. Pesan tersebut berarti komputer / host kita ada diluar jangkauan atau mungkin saja pengiriman data tidak dapat terkirim karena disebabkan koneksi yang terputus baik secara fisik maupun logic.

Traceroute

    Traceroute (Tracert) adalah perintah untuk menunjukkan rute yang dilewati paket untuk mencapai tujuan. Ini dilakukan dengan mengirim pesan Internet Control Message Protocol (ICMP) Echo Request Ke tujuan dengan nilai Time to Live yang semakin meningkat. Rute yang ditampilkan adalah daftar interface router (yang paling dekat dengan host) yang terdapat pada jalur antara host dan tujuan.

      Hasil dari traceroute terhadap suatu alamat tujuan, akan memeberikan informasi penting mengenai rute yang ditempuh oleh paket di dalam jaringan komputer untuk menuju ke alamat tujuan. Informasi menunjukkan berapa hop yang akan dilewati, berapa besar paket yang dikirimkan, dan berapa waktu tempuh yang diperlukan.

Komentar