Kernel Pada Linux [NETOS 8]

                                         NAMA              : I Putu Gede Oka Mahendra
                                         NIM                 : 1805551140
                                         MATA KULIAH   : Network Operating System

TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS UDAYANA

DOSEN PENGAJAR
I PUTU AGUS EKA PRATAMA S.T., M.T


1.   Pengertian Kernel pada OS   
   Kernel adalah suatu perangkat lunak yang menjadi bagian utama dan berperan penting dalam sebuah sistem operasi komputer. Kernel memiliki tugas yaitu melayani berbagai macam program aplikasi untuk mengakses perangkat keras (hardware) komputer secara aman.

     Kernel dapat pula dikatakan sebagai suatu perangkat lunak yang membuat komunikasi atau mediator antara aplikasi dan perangkat keras (hardware), yang menyediakan pelayanan sistem seperti pengaturan memori untuk proses yang sedang berjalan, pengaturan file, pengaturan input-output dan berbagai fungsi lainnya.

2.  Pengertian Kernel Linux
     Kernel Linux adalah kernel yang digunakan dalam sistem operasi GNU/Linux. Kernel ini merupakan turunan dari keluarga sistem operasi UNIX, dirilis dengan menggunakan lisensi GNU General Public License (GPL), dan dikembangkan oleh programmer di seluruh dunia.


     Kernel Linux pada awalnya dibuat oleh murid Ilmu Komputer berkebangsaan Finlandia, Linus Torvalds pada tahun 1991. Pengembang dan Pengguna Linux bertambadengan cepat dan Linux Kernel telah menerima kontribusi dari ribuan programmer. Banyak Distribusi Linux telah dirilis berdasarkan Kernel Linux.

3.  Kategori Kernel
  • Kernel monolitik yaitu kernel yang mengintegrasikan banyak fungsi di dalam kernel dan menyediakan lapisan abstraksi perangkat keras secara penuh terhadap perangkat keras yang berada di bawah sistem operasi. 
  • Kernel Microkernel adalah kernel yang menyediakan hanya sekumpulan kecil dari abstraksi perangkat keras sederhana, dan menggunakan aplikasi-aplikasi yang disebut dengan server untuk menyediakan fungsi-fungsi lainnya. 
  • Kernel Hybrid (modifikasi dari microkernel) adalah kernel yang persis atau mirip dengan microkernel, akan tetapi ia juga memasukkan beberapa kode atau tambahan kode di dalam ruangan kernel suapaya ia menjadi lebih cepat atau untuk meningkatkan performanya. 
  • Kernel Exokernel adalah kernel yang tidak menyediakan sama sekali abstraksi perangkat keras, akan tetapi ia menyediakan sekumpulan library yang menyediakan fungsi akses ke perangkat keras (hardware) secara langsung atau hampir-hampir langsung.

4.   Beberapa Fungsi Kernel
  • Kernel berfungsi untuk melayani perangkat lunak aplikasi untuk dapat mengakses perangkat keras atau hardware secara aman.
  • Kernel juga berfungsi sebagai pengatur kapan dan berapa lama sebuah program aplikasi dapat menggunakan satu bagian perangkat keras. hal tersebut biasanya disebut dengan Multiplexing
  • Membantu dan mendukung perangkat lunak aplikasi untuk mengeksekusi dengan fitur abtraksi perangkat keras (hardware)
5.   Praktek 
  • Ekstrak hingga membentuk folder dan sub folder beserta file – file (.c dan .h) 
  • Penjelasan Sumber Code (close.c)

      Sumber code (close.c) terdapat pada file lib pada folder Kernel Linux. Fungsi dari sumber code (close.c) adalah untuk menjalankan fungsi syscal1 dengan paramater didalamnya yaitu int, close, dan fd.
  • Penjelasan Sumber Code (
      Sumber code (memory.h) terdapat pada file include pada folder Kernel Linux. Fungsi dari sumber code (memory.h) adalah untuk mendefinisikan atau membaca memori yang digunakan pada Kernel dengan paramater didalamnya yaitu dest, src, dan n.


Komentar