NOS Pada Server [NETOS 9]

                                         NAMA              : I Putu Gede Oka Mahendra
                                         NIM                 : 1805551140
                                         MATA KULIAH   : Network Operating System

TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS UDAYANA

DOSEN PENGAJAR
I PUTU AGUS EKA PRATAMA S.T., M.T

1.      Pengertian Server 

       Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan (service) tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus yang disebut sebagai sistem operasi jaringan (Network Operating System). Server juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya, seperti halnya berkas dan memberikan akses kepada workstation anggota jaringan. 

2.    NOS untuk Server 
      Server memerlukan sistem operasi yang optimal dalam perannya melayani didalam jaringan komputer dan internet untuk menangani permintaan dari client atau pengguna. Berikut merupakan beberapa sistem operasi yang sering digunakan pada server. 

  • OS Linux dan kernel Linux dengan semua distribusinya seperti Ubuntu, Debian, OpenSUSE, Fedora, BackTrack, Mandriva, Slackware, PC Linux OS, dan CentOS.
  • Free BSD dan semua varian BSD (Open BSD, Dragon Fly BSD, PC BSD, dll). 
  • Sun Solaris (Sun Microsystem). 
  • Novell Netware. 
  • UNIX, MINIX, IRIX. 

3. Most Populer Linux Distro and BSD for NOS 

4. Most Popoler Linux Distro for Cloud Server 

5. Most Popoler Linux Distro for Server Technologies 

6.    Mengapa Memilih Linux dan BSD? 
      Berikut adalah beberapa pertimbangan yang baik bagi pemilik server untuk menggunakan Linux dan BSD sebagai basis pengembang server yang dibangun. 

  • Keamanan, Tingkat keamanan lebih tinggi. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan pengguna pada server agar tidak mudah diretas oleh pihak tidak bertanggungjawab. 
  • Dukungan Komunitas dan Enterprise, Dukungan komunitas sangat penting untuk pengguna pemula dalam belajar memahami Linux. Mereka dapat belajar dari komunitas yang tersebar luas. Sedangkakan dukungan enterprise berguna untuk pengembangan fitur – fitur. 
  • Open Source, Mudah dikembangkan sesuai kebutuhan. Dapat dimodifikasi untuk kebutuhan rooter, internet, dan berbagai macam kebutuhan lainnya. 


7.    Aspek Penting NOS untuk Server 

     Terdapat empat aspek penting yang perlu diperhatikan dalam NOS untuk server adalah sebagai berikut. 

  • Pemilihan, yaitu mencakup pertimbangan keamanan server, kenyamanan, dukungan dari komunitas atau enterprise, mengenai biaya, dan kebutuhan.
  • Manajemen, yaitu mencakup memanajemen pengguna, hak akses, hak kepemilikan (file dan folder), memori, dan penyimpanan. 
  • Konfigurasi, yaitu mencakup cara menkonfigurasi file-file yang ada pada sistem operasi tersebut 
  • Maintenance, yaitu perbaikan dan pemeliharaan yang dilakukan secara berkala untuk memastikan layanan tetap berjalan baik dan normal. Maintenance dapat dilakukan setiap hari, minggu, dan bulan. 
8.   Sumber 
[1] I Putu Agus Eka Pratama. "PPT Network Operating System / NETOS 9". 2020.

Komentar